Minggu, 22 Maret 2015

TIPS MENGATASAI FAVICON YANG TIDAK MUNCUL



TIPS MENGATASI FAVICON YANG TIDAK MUNCUL

Saat mengunjungi suatu website atau blog, pernahkah sahabat memperhatikan ada ikon kecil yang terletak di samping URL ( dipojok kiri atas ) ? Itulah yang disebut favicon. Favorit Icon (Favicon) adalah ikon kecil yang berada di samping URL, baik dalam address bar maupun dalam daftar bookmark. Favicon dapat mempercantik tampilan blog, apalagi bila ikon yang kita pakai unik dan menarik.

Biasanya favicon berukuran 16 x 16 atau 32 x 32 pixel dan memiliki kedalaman warna 8 atau 32 bit. Ikon kecil ini bisa menjadi identitas blog kita, terutama bila ikon itu terlihat khas dan beda dari yang lain.

Di Blog kita bebas mengganti favicon dengan ikon yang kita mau. Namun terkadang muncul beberapa masalah ketika memasang favicon di blog. Contohnya adalah favicon yang tidak muncul, padahal pemberitahuan mengatakan bahwa favicon sudah terpasang. Nah, inilah yang akan aku bahas hari ini.

Ada beberapa faktor yang membuat favicon tidak muncul, yang sering dilupakan adalah UKURAN. Ya, sebaiknya ukuran favicon yang dipasang di blog adalah 16 x 16 pixel atau 32 x 32 pixel. Karena jika ukurannya lebih dari itu, favicon tidak akan muncul.

Beberapa waktu yang lalu favicon blog aku juga tidak muncul, mungkin karena ukurannya terlalu besar. Setelah saya convert ukurannya menjadi 32 x 32, akhirnya favicon blog aku pun muncul. Jadi, ukuran favicon sangat mempengaruhi muncul atau tidaknya favicon tersebut di suatu blog/website.

Ohyaa ini penting, favicon harus memiliki tipe berkas .ICO dan ukuran maksimalnya adalah 50 kb. Hal itu merupakan syarat utama untuk memasang favicon. Namun bagaimana bila kita memiliki gambar dengan ekstensi selain .ICO dan ingin memasangnya sebagai favicon? Apakah bisa?

Jawabannya tentu saja bisa. Kita tinggal mengubah ekstensinya atau meng-convert gambar tersebut menggunakan aplikasi online. Aku akan mencoba menjelaskan cara mengubah ekstensi gambar menggunakan aplikasi online. Disini saya memanfaatkan situs http://www.icoconverter.com

Ini Langkah - langkahnya

Pertama-tama, kunjungi Online ICO Converter



ICO Converter


Cari gambar yang akan diubah ekstensinya dengan cara mengeklik 'choose'.
Untuk 'Sizes' pilih 16 x 16 saja, yang lainnya jangan di centang.
Kalau 'Bit Depth' terserah sobat saja, pilih salah satu.
Klik 'Convert' lalu unduh ikonnya, biasanya bernama 'favicon.ico'

Hasilnya


Selesai.

Langkah selanjutnya tinggal upload di Blog sahabat, dengan cara klik Dasbor >> Pengaturan >> Tata Letak >> Favicon. Silahkan kunjungi blog sahabat, dan lihat apakah faviconnya bekerja atau tidak. Jika tidak bekerja, mungkin ada kesalahan pada gambar dan silahkan ulangi lagi.

Atur




Favicon


Itulah Tips Mengatasi Favicon Blog yang Tidak Muncul. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sahabat semua. Jangan lupa berkomentar sesuai dengan postingan iniJ Terimakasih, Salam Sahabat Blogger!!!

18 tanggapan:

bronanda mengatakan...

info yang membantu kakak, cuma sepertinya itu tutor mengganti favicon bukan menampilkan favicon yg hilang kakak

Download Game Android Gratis mengatakan...

Masih tidak muncul

agus sidik mengatakan...

Makasih atasinfonya . favicon dihp saya muncul tapi di hp orang lain ga muncul

dd mengatakan...

Makasih sist atas caranya, tadinya favicon saya gada gitu, tapi setelah di convert lewat ICO bisa. padahal ukurannya udah dirubah tp pas pake ICO bisa. thankyou !

DE NATURE INFO mengatakan...

maksih sis berkat artikel ini saya jadi bisa pasang favicon

Helmi Arrazi mengatakan...

Artikel yang bermanfaat. Dan sudah bisa saya terapkan. Terima kasih.

Blogger Pesawaran mengatakan...

Yang jadi masalah, saya kan pasang favicon. Terus sudah keindex, disetiap postingan saya yang muncul di google keluar tuh faviconnya. Tapi kemudian saya ganti lagi ke yang baru, tapi kok di artikel terbaru yang muncul di google masih favicon yang lama? Kenapa yang baru tidak mau muncul?

Dicky Retno Pratama mengatakan...

Punya saya faviconnya kok gak muncul di pencarian google ya kak ?
https://www.dickyretnopratama.com

Ayolah mengatakan...

Catering
https://www.ayolahcatering.com
Prasmanan 19rb
Kotakan 13rb
Harian 10rb
Wedding Catering Pernikahan | Prasmanan | Nasi Kotak | Catering Harian Di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Malang, Jombang, Kediri
Ayo order : 0812-3222-8003 / 0857-5563-7494
#catering #wedding

Er Galang mengatakan...

Wah, absen di 2019 nih, thanks sista rujukan converter tool nya,,

Blackpink Fanbase mengatakan...

Terimakasih banyak informasi cara mengganti faviconnya , berkat info ini blog dengan konten blackpink milik saya bisa di pasang favicon

yrwp mengatakan...

punya ane gak muncul-muncul gan, yang tampil cuman bola dunia, mohon pencerahan

Novita Anggraeni mengatakan...

Sama aku juga gitu belum ketemu solusi

Tahapan ID mengatakan...

Awalnya faviconku udah ada, karena ganti favicon, sekarang malah lama banget ga muncul2. Bingung mau di apain lagi. Udah coba juga ganti via html, tp tetep aja blm keluar.

kabar baik mengatakan...

memang favicon sangat penting untuk blog kita, aku juga pernah mengalami saat ganti favicon eh malah tidak muncul,
namun aku menemukan cara yang sangat simpel dan di pastikan favicon akan muncul nih caranya ada disni
cara mengatasi favicon yang tidak muncul meski sudah diganti

Lisa M Green mengatakan...

ID Berappss

inspirasi indonesia mengatakan...

sangat bermanfaat

amaterasublog mengatakan...

Tutorial mengatasi favicon tidak muncul itu sangat membantu sekali bagi kami para blogger pemula. Terimakasih admin...