Selasa, 31 Maret 2015

Yuk Tengok Keindahan Pulau Untung Jawa

Hay sahabat blogger! Apa kabar?
Kali ini aku bakal bahas mengenai Pulau Untung Jawa.

Yapp, salah satu Pulau di kawasan Kepulauan Seribu yang namanya sudah tidak asing lagi untuk didengar telinga masyarakat meski begitu tak jarang juga banyak masyarakat yang hanya sering mendengar namun untuk menginjakan kaki kesana belum pernah. Gapapa ya sahabat blogger mungkin mereka mereka punya alasan sendiri kenapa belum pernah menginjakan kakinya dipasir untung jawa.
Pulau Untung Jawa merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang cukup indah dan masih alami yang dapat dikunjungi. Tempat wisata ini banyak menyajikan keindahan alamnya mulai dari pemandangan laut, lebatnya hutan bakau dengan ekosistem airnya, dan tentunya dengan biaya perjalanan yang cukup terjangkau.
Bagi sahabat blogger yang ingin berlibur kesana mudah dan murah ko. Kalian bisa memulai perjalannya  mulai dari Pantai Tanjung Pasir . Dari Tanjung Pasir kalian dapat menggunakan jasa kapal yang telah bertebaran di bibir pantai tinggal dipilih saja dan disesuaikan harga. Harga normal biasanya Rp. 30.000 PP( Pulang Pergi ) ada juga yang dapat ditawar tapi no sadis hehe. Perjalanan Tanjung Pasir – Untung Jawa kurang lebih 1,5 jam tenang waktu segitu sebentar ko kalau kita bisa gunainnya dengan hal hal yang asyik bakal gak kerasa deh. Tapi kalo bagi yang pertama kali naik kapal laut disarankan untuk membawa obat obatan yaa takut mabok laut:D nanti yang ada malah bikin liburan jadi gak menyenangkan.

Narsis dikapal

Viss

Dermaga Untung Jawa
Sesampainya di Untung Jawa kita langsung disambut oleh ramainya permainan air dibibir pantai. Permainanya antara lain Banana Boat, Donat Boat, Sofa Boat, Hantu Laut. Semua permainan disana cukup memacu adrenalin hoho.
Sedikit review tentang permainanya yukk.
1.       Banana Boat
Vissss

Banana

Permainan yang bentuknya mirip pisang ini, merupakan permainan yang cukup banyak menarik peminat pelacong untung jawa. Serunya dari permainan ini dikala harus menjatuhkan diri kedalam air sebanyak 3 kali dalam 1 kali permainan. Namun buat ku permainan ini kurang menantang, gabisa bikin jeritan maut haha. Untuk harga berkisar Rp. 20.000-25.000 untuk 1 kali main.
2.       Donat Boat
Donat

Si donat ini hanya muat untuk 4 orang saja, tidak seperti banana yang mampu menampung orang dengan kapasitas 5 atau 6 orangan. Permainan donat cukup menantang dan sedikit membuat perut sakit akibat goncangan goncangan menabrak ombak. Dipermainan ini diusahakan untuk berpegangan kuat agar tidak terjatuh kedalam air. Posisi 2 dibelakang merupakan posisi yang cukup lebih menantang dibanding posisi depan, karna posisi belakang kepala sipenaik bisa langsung menyentuh air huuuuuhhh :D bagi perempuan biasanya sih diposisi depan. Untuk harga tak beda jauh dari banana boat berkisar Rp. 30.000an untuk 1 kali main.
3.       Sofa Boat
Menurutku permainan ini yang paling menantang dari 2 permainan diatas. Kita diharuskan untuk berpegangan sangat erat agar tidak terjatuh namun dengan kondisi seperti itu rasanya susah sekali untuk berpegangan. Badan tergoncang dan terpantul pantul akibat benturan sofa boat dengan ombak. Perut rasanya sakit dan mual sekali. aku mencoba permainan ini berdua dengan sahabatku Vidia dan didampingi oleh 2 penjaga. Awalnya sih Cuma gitu gitu aja ditarik oleh motor boat namun lama kelamaan tarikannya makin kenceng banget. Badan loncat loncatan kemana tau. Yang awal naik bisa dadah dadah lambai tangan, udah kaya gini duh boro dehh buat lambai tangan, gerak sedikit aja takut lepas pegangannya. Ampun ampunn bener bener macu adrenalin banget, but this very cool. I want to try this again jarang sih liat perempuan naik permaianan ini. Tapi  bagi yang fisiknya kurang kuat tidak recommend keras yaa. Yang ditakutin tangan kram, pegangan lepas iyasih udah pake pelampung dijagain juga, tapi kan ngeri jg kalo jatuh. Udah gitu takut cedera juga karna benturan benturan yang cukup keras. Untuk harga permainan ini lumayan mahal dibanding yang lain. Harganya kisaran Rp. 40.000-45.000 untuk 1 kali main.
4.       Hantu Laut
Aku no comment ya sama permainan ini. Belum pernah coba dan gamau coba. Aku emang suka permainan yang menantang tapi kalo ini engga deh. Bukan apapa tapi kayanya beresiko aja hoho. Aku kasih tau deh gimana mainnya. Sama aja sih kaya sofa boat, Cuma hantu laut ini lebih tipis dan cara mainnya bukan didudukin tapi kita diharusin tidur tengkurap sambil pegangan erat lalu ditarik oleh speed boat alhasil sepertinya perut bakal lebih sakit dari permainan sofa boat. Jadinya engga mau coba:D dan permaian ini juga jarang banget peminatnya dan denger denger juga agak berbahaya. Selamat menikmati aja deh buat sahabat blogger yang nantinya mau cobain ini permainan. Untuk harga aku kurang tau hehe soalnya waktu aku main aku bukan main dilapak yang ada ini permainan, dengan garis miring permainan hantu laut ini Cuma ada dilapak sebelah wkwk.
Hutan Bakau
Tengah Hutan

Banyak Sampah


Jalan darat buntu

Airnya ademm

Bagi yang tidak tertarik dengan permain air ini,bisajuga ko keliling untung jawa, melihat hutan bakau dibagian belakang untung jawa ini, kadang suka ada biawak (semacam komodo) gitu lagi nyebrang kita seolah lagi ada dikandang biawak deh dan didukung juga dengan lebatnya bakau. Atau gak meneduh di gazebo gazebo yang telah disediakan, biasanya tempat ini paling sering dijadikan ajang selfie atau grufie hhoho. Para sahabat blogger lapar? Tenang disini banyak banget ko warung warung dengan olahan seafood bertebaran dimana mana.
Untuk yang hendak menginap, jangan khawatir disini juga banyak banget homestay yang harganya ckup murah dan tuan rumah yang cukup ramah.

Oiya ini, TIPS liburan di Untung jawa:
1.       Lagi lagi untuk makanan ringan lebih baik sudah bawa dari rumah, karena harga di Untung Jawa bisa 2 sampai 3 kali lipat dari harga semestinya toh makanan ringan di Untung Jawa tidak jauh berbeda dengan makanan diluar kawasan itu
2.       Untuk berlayar ke Untung Jawa, bisa gunain jasa PP yang banyarnya hanya sekali dibanding harus membayar 2 kali pada pulang maupun perginya. Juga cari kapal yang orang orangnya ramah, enak diajak biacara, juga bisa ditawar hehe kan lumayan
3.       Untuk permainan, lebih baik ditawar dahulu sebelum deal untuk memainkannya. Tapi aku sih lebih recommend untuk menggunakan harga paketan. Seperti yang aku pernah lakukan aku hanya membayar Rp. 50.000 untuk 3 permainan. Cari lapak yang membuka harga paket karna terbilang lebih murah
4.       Bagi yang hendak berkeliling menggunakan jasa sewa sepeda boleh saja. Tapi aku recommend untuk berjalan kaki saja karna mengelilingi untung jawa tak terlalu menempuh jarak yang jauh. Lagipula sepertinya sekarang sudah jarang bahkan hampir sudah tidak dijumpai lagi jasa penyewaan sepeda.
5.   Jika hendak balik dari Untung Jawa usahakan jangan lewat dari jam 3 sore, dikarena ombak sudah mulai membesar.
6.       Untuk yang melihat sampah berserakan, boleh lah kita pungut dan membuang ditempat yang tepat. Maklumlah biasanya pelancong hanya memikirkan senang senang liburan sja sedangkan sampah? Yaa ditinggalkan. Nanti ada saja yang berkomentar “kotor, banyak sampah” toh itu juga sebab dari kita yang tidak mementingkan lingkungan.

Nahh itulah sedikit review tentang Pulau Untung Jawa. Bagi yang belum pernah kesana, mau tunggu apa lagi? Sekarang Untung Jawa sudah semakin bagus dan banyak dibangun bangunan, sudah banyak fasilitas, sudah banyak permainan. Tidak seperti beberapa tahun lalu, permainan masih sangat sedikit, masih banyak tanah yang kosong, alhasil hanya dipergunakan sebagai tempat sampah saja.
dermaga belakang masih bagus
dulu blm banyak permainan

lahan blm banyak bangunan

Aku rasa cukup kenalan sama Untung Jawanya, yang masih penasaran bisa langsung ke TKP. Hehe. maaf permainan ada yang tidak terdapat foto. foto juga ngacak bukan urut dalam 1 hari, saking seringnya kesini jadi kadang foto kadang juga engga:D wkwk
Silahkan tinggal komentarJ Salam Sahabat Blogger



0 tanggapan: